9 Tips Membeli Apartemen Bagi Konsumen Pemula

Serpong Garden Apartment – Apartemen menjadi alternatif hunian masyarakat di perkotaan. Ketersediaan lahan yang kian terbatas dan kondisi jalan yang makin macet membuat hunian vertikal ini jadi pilihan tempat tinggal. Kondisi ini digunakan sebagian pihak untuk mendulang Rupiah dengan menyewakan unit apartemen. Target sewa apartemen ini beragam: pegawai, pekerja pabrik, hingga mahasiswa. Kendati demikian, membeli apartemen berbeda dengan membeli rumah. Sejumlah hal perlu dipertimbangkan oleh end-user maupun investor pemula:

1. Lokasi
Pilihlah apartemen yang dekat lokasi bekerja atau aktivitas rutin lainnya. Akses juga harus diperhatikan, seperti dekat dengan jalur transportasi umum dan fasilitas umum lain, seperti pusat belanja, rumah sakit, tempat ibadah, sekolah, dan lain-lain.

2. Harga Beli
Harga apartemen sangat variatif, bergantung lokasi, letak lantai, view unit, dan fasilitas. Biasanya pengembang menjual apartemen dalam ukuran semi gross area—yang memiliki selisih 8% – 15% lebih besar dari ukuran asli unit apartemen (nett area).

3. Pembayaran
Membeli unit apartemen secara tunai keras (hard cash) sebenarnya lebih menguntungkan, karena Anda bisa memeroleh diskon cukup besar (sekitar 15% – 20%).Jika keuangan tak mencukupi, cara pembayaran tunai bertahap (installment) bisa dipilih. Tetapi biasanya tenor yang diberikan developer maksimal hanya lima tahun, sehingga nominal yang harus digelontorkan per bulannya masih cukup besar.Pilihan terakhir adalah menggunakan KPA (kredit pemilikan apartemen). Dengan fasilitas pembiayaan dari bank ini, Anda bisa mencicil apartemen hingga 15 tahun, sehingga angka cicilan tiap bulan tergolong kecil.

4. Biaya Pemeliharaan
Hal lain yang harus diperhatikan adalah besaran biaya pemeliharaan (sevice charge & sinking fund) yang harus dikeluarkan setiap bulan.

5. Pengembang
Membangun apartemen memerlukan prosedur dan perizinan yang kompleks. Oleh karena itu, pengembang harus mempunyai reputasi yang terjamin, sehingga Anda terhindar dari penipuan, cedera janji, dan lain-lain.Selain itu, reputasi kontraktor maupun konsultan perencana bangunan pun perlu diketahui, karena menyangkut kualitas dan estetika bangunan.

6. Keamanan dan Kenyamanan
Fasilitas yang terdapat di dalam apartemen menunjukkan tingkat keamanan dan kenyamanan penghuni. Untuk itu, fasilitas yang tersedia harus diketahui sejak awal. Fasilitas standar sebuah apartemen adalah area parkir penghuni dan tamu, lift, kamera pengawas (CCTV), taman, kolam renang, sarana olahraga, club house, restoran atau kafe, serta minimarket. Fasilitas pencegah kebakaran, struktur antigempa, dan genset cadangan juga merupakan fasilitas vital.

7. Spesifikasi Unit
Spesifikasi unit mencakup partisi ruangan dan perlengkapan yang menempel pada bangunan. Unit apartemen ada yang dijual lengkap (fully furnished), dengan bath tub, kitchen set, telepon, internet, pemanas air, dan AC.Namun, umumnya apartemen dijual semi-furnished, sehingga Anda perlu melengkapi beberapa barang. Tanyakan kepada pengembang, apakah diperbolehkan melakukan renovasi. Buat perjanjian tertulis agar terhindar dari wanprestasi.

8. Manajemen Properti
Pengelola apartemen tidak boleh diabaikan. Manajemen properti yang profesional tentu akan membuat segala permasalahan teratasi dengan baik. Sebaliknya, manajemen properti yang buruk akan membuat tinggal di apartemen sangat merepotkan.

9. Prospek Investasi
Selain menjadi hunian, apartemen juga ajang investasi yang baik. Dengan demikian, prospek apartemen tersebut perlu diketahui sebelumnya.

9 Tips Membeli Apartemen Bagi Konsumen Pemula

Serpong Garden Apartment kawasan apartemen di Serpong Garden yang terintegerasi Stasiun Cisauk dihubungkan langsung Jembatan Skybridge bagi penghuni ke Stasiun Cisauk. Serpong   Apartment dengan Stasiun Cisauk memudahkan penghuni menuju ke sentral bisnis seperti Jakarta, Sudirman, dan CBD hanya 45 menit saja via KRL Cisauk.

Serpong Garden Apartment akan mengusung konsep sebagai hunian berorientasi angkutan atau Transit Oriented Development [TOD]. Serpong Garden Apartment merupakan perwujudan awal dari konsep pengembangan pemukiman pinggiran kota terpadu dalam konteks pengembangan metropolitan Jakarta berbasis transportasi.

Serpong Garden Apartment di kawasan Serpong ini pun memiliki konsep hunian ruang terbuka hijau yang asri,  didukung 25 fasilitas internal sebagai penunjang gaya hidup penghuni. Di antaranya Swimming Pool, Jogging Track, Indoor Gymnasium, Children Playground dan Wisata Danau, Outdoor BBQ area dan Daycare Center. Untuk tempat hangout, hunian vertikal ini juga akan menyediakan kafe, restoran, hingga beberapa toko retail.

Lakukan survei kecil-kecilan—boleh Anda tanya kepada developer—berapa potensi capital gain dan rental yield yang akan Anda dapat per tahunnya. Jika ingin menyewakan unit apartemen, pilihlah unit yang dekat atau satu lokasi dengan pusat belanja.

Bagikan