Jakarta РPengembang properti, Sinarmas Land akan membangun pusat transportasi berupa stasiun kereta api di wilayah Cisauk, Tangerang. Stasiun tersebut merupakan kelanjutan dari stasiun Serpong yang saat ini sudah ada. 

Stasiun Cisauk tersebut dibuat untuk memperpanjang tempat pemberhentian kereta api agar lebih mempermudah penumpang mengakses transportasi umum dari dan menuju Jakarta.

“Ini nanti akan dibuat pusat transportasi dari Cisauk ke Dukuh Atas (Jl Sudirman Jakarta Pusat). Sekarang kan baru Tanah Abang-Dukuh Atas-Serpong. Nah, nanti diperpanjang sampai ke Cisauk, jadi namanya Stasiun Cisauk,” kata Direktur Sinarmas Land Ignesjz Kemalawarta usai acara konferensi pers perseroan, di FX Plaza Senayan, Jakarta.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan perjanjian dengan PT KAI untuk membangun pusat transportasi tersebut. Nantinya, konsep Stasiun Cisauk akan menjadi pusat transportasi yang akan dilengkapi dengan pertokoan atau pusat perbelanjaan dan juga apartemen.

“Kita membangun stasiun yang nyaman. Kita sudah perjanjian dengan PT KAI. Nanti ada transport langsung ke BSD, bisa lebih mudah diakses. Mereka menyediakan kereta, kita menyediakan sarana stasiun, ticketing tapi kalau lain-lain mereka,” terangnya.

Rencananya, pembangunan stasiun itu akan dimulai 3 tahun mendatang dengan target penyelesaian 2-3 tahun. Namun, pihak Sinarmas Land masih belum mau menyebutkan besaran investasinya. “Masih jangka panjang. 3 tahun lagi. Biaya masih dihitung-hitung ya,” katanya.

Menurutnya saat ini luas lahan untuk pembangunan tersebut sudah tersedia seluas 3 hektar, namun untuk keseluruhan luasnya mencapai 30 hektar. “Tanah sudah tersedia karena milik kita. Luas kawasan stasiunnya saja 3 hektar, kalau komersial keseluruhan 30 hektar,” kata dia.

Nantinya, dengan adanya stasiun tersebut akan mempermudah akses penghuni kawasan BSD menuju ibu kota Jakarta. Saat ini, penghuni BSD sudah mencapai 175.000 orang dan sedikitnya 40% langsung berinteraksi ke Jakarta.

Sumber : detikfinance

Bagikan