Yuk, kenali konsep dan manfaat TOD untuk kota kamu!

Serpong Garden Apartment – Solusi Mengurai kemacetan di jalan menjadi tantangan besar untuk semua pemerintah daerah. Karena itu, mereka terus mencari solusi, salah satunya dengan mengembangkan konsep transit oriented development (TOD).Yuk kenali konsep dan manfaat TOD untuk kota kamu!. Secara garis besar, TOD merupakan sebuah kawasan yang mengdepankan tata ruang campuran (mixed used) serta memaksimalkan penggunaan angkutan massal seperti bus rapid transit (BRT), mass rapid transit (MRT), dan light rail transit (LRT).

Dengan adanya TOD, kamu bisa leluasa untuk menggunakan angkutan umum untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dengan demikian, volume kendaraan pribadi akan ditekan sehingga bisa mengurai kemacetan.
Lalu, apa saja sih elemen penting dari kawasan TOD? Yuk, kenali konsep dan manfaat TOD untuk kota kamu!

  1. Transportasi Umum
    Karakteristik utama dari TOD adalah ketersediaan transportasi umum. Jika berkaca dari TOD yang ada di negara maju, seperti Jepang atau Singapura, angkutan massal yang terintegrasi di satu lokasi yaitu MRT, LRT, BRT, atau kereta commuter line. Dengan demikian, kamu bisa memilih moda transportasi yang sesuai kebutuhan.
  2. Lokasi Strategis
    Selain memiliki persinggungan dengan beberapa moda transportasi umum, TOD biasanya terletak di lokasi yang strategis. Salah satu contoh TOD yang akan dibangun di Jakarta terletak di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Pasalnya, di lokasi tersebut sudah ada kereta commuter line Jakarta (KCJ) dan Bus Transjakarta. Kawasan Dukuh Atas yang berdekatan dengan Jalan Sudirman juga menjadi pusat bisnis dan perkantoran di Ibu Kota.
  3. Mixed Building
    TOD tak melulu terkait transportasi. Jika mengacu dengan kondisi di Jepang, kawasan TOD terdiri dari beberapa jenis bangunan. Area stasiun misalnya juga dilengkapi dengan apartemen, perkantoran, hingga pusat perbelanjaan. Jika TOD bisa direalisasikan di Indonesia, kamu nggak perlu repot untuk melakukan berbagai aktivitas setiap hari, mulai dari naik kereta, pergi ke kantor, hingga belanja keperluan.
  4. Ramah Pejalan Kaki
    Sarana pendukung lain yang harus ada di sebuah TOD, yaitu lintasan untuk pejalan kaki atau trotoar yang aman dan nyaman. Fasilitas ini diperlukan untuk mempermudah kegiatan warga kota. Pedestrian walk yang mumpuni tersebut sebaiknya juga dilengkapi dengan tempar parkir untuk sepeda.

Serpong Garden Apartment kawasan apartemen di Serpong Garden yang terintegerasi Stasiun Cisauk dihubungkan langsung Jembatan Skybridge bagi penghuni ke Stasiun Cisauk. Serpong   Apartment dengan Stasiun Cisauk memudahkan penghuni menuju ke sentral bisnis seperti Jakarta, Sudirman, dan CBD hanya 45 menit saja via KRL Cisauk.

Serpong Garden Apartment akan mengusung konsep sebagai hunian berorientasi angkutan atau Transit Oriented Development [TOD]. Serpong Garden Apartment merupakan perwujudan awal dari konsep pengembangan pemukiman pinggiran kota terpadu dalam konteks pengembangan metropolitan Jakarta berbasis transportasi.

Serpong Garden Apartment di kawasan Serpong ini pun memiliki konsep hunian ruang terbuka hijau yang asri,  didukung 25 fasilitas internal sebagai penunjang gaya hidup penghuni. Di antaranya Swimming Pool, Jogging Track, Indoor Gymnasium, Children Playground dan Wisata Danau, Outdoor BBQ area dan Daycare Center. Untuk tempat hangout, hunian vertikal ini juga akan menyediakan kafe, restoran, hingga beberapa toko retail.

Kelebihan Serpong Garden Apartment

Selain terintegerasi dengan Stasiun Kereta, Serpong Garden Apartment pun memiliki keunggulan dan kelebihannya, yang antara lain :

  • Hunian apartemen asri ditepi danau dengan green area yang menyeluruh.
  • Lokasi strategis di segitiga emas Tangerang Selatan (BSD City, Serpong & Bintaro).
  • Tersedia angkatan umum 24 jam.
  • Sejumlah 25 fasilitas lengkap tersedia
  • Berada dekat dengan pusat perbelanjaan yang berada dikawasa BSD City, Serpong dan Alam Sutera seperti AEON Mall, Teras Kota, Mall Alam Sutera, Living World Alam Sutera, Summarecon Mall Serpong (SMS)
Bagikan