Serpong Garden Apartemen TOD, Konsep Hunian Masa Depan

Serpong Garden Apartment РDi seluruh dunia kawasan urban selalu memiliki kepadatan populasi yang cukup tinggi. Tak heran jika pusat ibukota seperti Jakarta menjadi sangat padat dan macet,  Serpong Garden Apartemen TOD, Konsep Hunian Masa Depan.

Kawasan urban merupakan kawasan dengan ciri-ciri wilayah yang kegiatan utamanya bukan pertanian, melainkan dengan fungsi kawasan sebagai tempat permukiman perkotaan, pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan kegiatan ekonomi.Serpong Garden Apartemen TOD, Konsep Hunian Masa Depan.

Ada gula ada semut, hal itulah yang membuat kota Jakarta dan sekitarnya menjadi sangat padat dan macet. Lantas bagaimana cara menyelesaikan permasalahan kemacetan yang sudah menjadi masalah tahunan yang belum terpecahkan?

Salah satunya dengan konsep Transit Oriented Development (TOD). Melalui konsep ini diharapkan para penduduk bisa mendapatkan manfaat berupa:

  1. Kualitas hidup lebih tinggi dengan tempat yang lebih baik.
  2. Dapat mengurangi kemacetan lalu lintas dan kecelakaan mobil
  3. Gaya hidup lebih sehat dengan lebih banyak berjalan kaki
  4. Penumpang angkutan umum meningkat
  5. Sangat mengurangi ketergantungan bahan bakar, polusi dan kerusakan lingkungan

Transit Oriented Development

Lalu sebenarnya apa konsep transit oriented development itu?
Transit Oriented Development atau biasa disingkat TOD merupakan salah satu program pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan memaksimalkan penggunaan angkutan massal seperti Busway, MRT, LRT, serta dilengkapi jaringan pejalan kaki/ sepeda. Konsep TOD ini sudah banyak diterapkan di negara lain seperti di Jepang, US, Korea dan Hongkong.Serpong Garden Apartemen TOD, Konsep Hunian Masa Depan.

Ciri-ciri dari Transit Oriented Development yaitu
1. Memiliki stasiun kereta api sebagai ciri utama dari pusat kota
2. Pengunaan ruang campuran yang terdiri dari pemukiman, perkantoran, serta fasilitas pendukung
3. kepadatan penduduk tinggi, ditandai dengan bangunan apartemen atau condominium.

Beberapa contoh hunian yang mengusung konsep Transit Oriented Development adalah Serpong Garden Apartment kawasan apartemen di Serpong Garden yang terintegerasi Stasiun Cisauk dihubungkan langsung Jembatan Skybridge bagi penghuni ke Stasiun Cisauk. Serpong   Apartment dengan Stasiun Cisauk memudahkan penghuni menuju ke sentral bisnis seperti Jakarta, Sudirman, dan CBD hanya 45 menit saja via KRL Cisauk.

Serpong Garden Apartment akan mengusung konsep sebagai hunian berorientasi angkutan atau Transit Oriented Development [TOD]. Serpong Garden Apartment merupakan perwujudan awal dari konsep pengembangan pemukiman pinggiran kota terpadu dalam konteks pengembangan metropolitan Jakarta berbasis transportasi.

 

Bagikan