Asal Usul Sejarah Serpong Cisauk

Serpong Garden Apartment – Asal Usul Sejarah Serpong Garden Cisauk adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Serpong.Kecamatan Cisauk saat ini terdiri dari lima desa dan satu kelurahan, setelah enam desa dimekarkan menjadi kecamatan Setu. Kecamatan Setu masuk ke dalam wilayah Kota Tangerang Selatan, sedangkan Kecamatan Cisauk tetap masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tangerang.

Batas antara kecamatan Setu dengan Kecamatan Cisauk adalah Sungai Cisadane.Di kecamatan ini terdapat Stasiun Cisauk dan Stasiun Cicayur. Stasiun ini melayani jurusan MajaParung PanjangTanah Abang.Stasiun Cisauk tersebut dibuat untuk memperpanjang tempat pemberhentian kereta api agar lebih mempermudah penumpang mengakses transportasi umum dari dan menuju Jakarta.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan perjanjian dengan PT KAI untuk membangun pusat transportasi tersebut. Nantinya, konsep Stasiun Cisauk akan menjadi pusat transportasi yang akan dilengkapi dengan pertokoan atau pusat perbelanjaan dan juga apartemen.

“Kita membangun stasiun yang nyaman. Kita sudah perjanjian dengan PT KAI. Nanti ada transport langsung ke BSD, bisa lebih mudah diakses. Mereka menyediakan kereta, kita menyediakan sarana stasiun, ticketing tapi kalau lain-lain mereka,” terangnya.

Rencananya, pembangunan stasiun itu akan dimulai 3 tahun mendatang dengan target penyelesaian 2-3 tahun. Menurutnya saat ini luas lahan untuk pembangunan tersebut sudah tersedia seluas 3 hektar, namun untuk keseluruhan luasnya mencapai 30 hektar. “Tanah sudah tersedia karena milik kita. Luas kawasan stasiunnya saja 3 hektar, kalau komersial keseluruhan 30 hektar,” kata dia.

Nantinya, dengan adanya stasiun tersebut akan mempermudah akses penghuni kawasan BSD menuju ibu kota Jakarta. Saat ini, penghuni BSD sudah mencapai 175.000 orang dan sedikitnya 40% langsung berinteraksi ke Jakarta.

Serpong Garden Apartment kawasan apartemen di Serpong Garden yang terintegerasi Stasiun Cisauk dihubungkan langsung Jembatan Skybridge bagi penghuni ke Stasiun Cisauk. Serpong   Apartment dengan Stasiun Cisauk memudahkan penghuni menuju ke sentral bisnis seperti Jakarta, Sudirman, dan CBD hanya 45 menit saja via KRL Cisauk.

Serpong Garden Apartment akan mengusung konsep sebagai hunian berorientasi angkutan atau Transit Oriented Development [TOD]. Serpong Garden Apartment merupakan perwujudan awal dari konsep pengembangan pemukiman pinggiran kota terpadu dalam konteks pengembangan metropolitan Jakarta berbasis transportasi.

Bagikan