TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya hari ini melakukan kegiatan bersejarah, yaitu meresmikan Kampus III di BSD City, sebuah kawasan yang menjanjikan di masa depan karena menggabungkan konsep hunian, perkantoran dan pendidikan.

Acara ditandai dengan perayaan Ekaristi Syukur dan Pemberkatan Kampus oleh Uskup Agung Jakarta Mgr.Ignatius Suharyo.

Ketua Yayasan Atma Jaya Ir.Aswin Wirjadi menyatakan fungsi daripada yayasan adalah menyiapkan prasarana dan sarana yang baik sehingga proses belajar mengajar di Unika Atma Jaya ini bisa berjalan lebih baik lagi.

“Menandai usia Atma Jaya ke-57, kami bersyukur atas peresmian kampus ke tiga di BSD ini.” kata Aswin dalam keterangan persnya, Selasa (25/7/2017).

Kampus BSD dibangun dan didesain untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih ideal yaitu interaksi antar mahasiswa, dengan landscaping yang lebih baik. Dengan luas lahan 20 hektar, ruang gerak mahasiswa disini didesain 6,5 meter per orang lebih besar dari kampus Semanggi yang 1,5 meter per orang sehingga suasana kampus menjadi lebih baik.

“Kampus BSD ini didedikasikan sebagai Center for Human Development yang dikonsentrasikan untuk mendidik S1. Di sini komitmen kami yang utama yaitu pengembangan dan pembentukan karakter mahasiswa. Mempersiapkan para mahasiswanya dengan kompetensi kelas internasional, memiliki karakter Keindonesiaan dan kepedulian.” jelas A Prasetyantoko, Rektor Unika Atma Jaya.

Melalui kampus yang berlokasi di kawasan BSD ini, sebagai salah satu kawasan yang berkembang pesat salah satunya dalam aspek digital dan akan menjadi Silicon Valley Indonesia yang pertama. Hal ini kedepan akan mitra strategis kampus dalam rangka menyiapkan peserta didik dan profil lulusan yang lebih siap berkontribusi dalam masyarakat pada era digital.

Perkuliahan mahasiswa baru di Kampus BSD dimulai pada 7 Agustus 2017 nanti. Fakultas Teknik, Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management diberikan prioritas menempati dua gedung utama yang akan dilengkapi laboratorium modern. Jenis laboratorium antara lain engineering design center, Aerodinamika, Mekanika Eksperimental untuk Fakultas Teknik dan laboritorium mikrobiologi dan Tekno DNA untuk Fakultas Teknobiologi.

Sementara program-program studi berikut membuka kelas paralel di Kampus Semanggi dan BSD, yaitu Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Bisnis, Ilmu Komunikasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru SD, Psikologi, dan Hukum. Maka, mahasiswa bisa memilih kuliah di salah satu tempat tersebut.